Selamat Menikmati Manfaat Blog Ini, Jika ada pertanyaan dapat menghubungi 0857 1177 4321 atau mengirim email ke abdoel.dtm09@gmail.com

Selasa, 24 Desember 2013

Mengenai Software PDMS


PDMS adalah singkatan dari Plant Design Management System. PDMS ini merupakan sebuah software 3 Dimensi yang dimiliki oleh AVEVA. (www.aveva.com).

Software ini bisa digunakan baik itu untuk offshore maupun onshore. Intinya software ini digunakan untuk mempermudah membuat suatu system perencanaan yang berhasil baik untuk suatu project karena tampilannya yang mudah dibaca.

Untuk mempelajari PDMS ini tidaklah begitu sulit yang penting kita tahu cara mendesign baik itu steel structure, piping, mechanical maupun Electrical/instrument. Dan PDMS ini hanyalah sebuah tools yang mempermudah orang dalam mendesign sesuatu.

Ada beberapa orang menyatakan bahwa kalau kita bisa mengoperasikan PDMS tentunya ratenya akan lebih baik. Kalau pendapat itu saya rasa betul adanya tapi dengan catatan orang tersebut minimal seorang yang pernah bekerja sebagai seorang designer. Karena PDMS ini mostly adalah pendesignan jadi kalau kemampuannya hanyaah copy paste alias drafter maka rasanya sulit menjadi seorang PDMS Designer.

Bila kita mengikuti training-training PDMS, maka kita akan belajar membuat design untuk Steel Structure, Mechanical and Piping. Kalau E & I ada kelas tersendiri. Tapi dalam aplikasi design PDMS yang sesungguhnya untuk Steel Structure ada bagian sendiri , piping ada bagian tersendiri dan mechanical atau diistilahkan dengan Equipment. Maksudnya adalah setiap bagian mempunyai designer tersendiri.
Intinya Prinsip-prinsip seorang designer murni baik itu piping, mechanical, civil ataupun E & I haruslah dimiliki sebelum menjadi seorang PDMS Designer. Dan jangan salahkan software PDMS bila kita melakukan kesalahan dalam hal mendesign sesuatu yang salah dan tidak bisa di-konstruksi /fabrikasi. Dan tentunya harus diingat bahwa PDMS itu adalah Tools 3 Dimensi yang bekerja dalam membantu Designer untuk mempermudah pengerjaan suatu project.

Sebenarnya PDMS itu adalah software yang bagus untuk mendesign suatu Plant dan apalagi dengan tampilan-tampilan yang sempurna dengan 3 Dimensinya membuat suatu design seni yang tak ternilai harganya. Dan dengan PDMS, kita bisa mendesign sesuatu yang cantik, baik dan semua kelemahan-kelemahan bisa ditutupi dengan design yang baik, sempurna dan mudah difabrikasi/konstruksi di site.

Komentar :

ada 1
blog ajaib mengatakan...
pada hari 

Thanks gan informasiny.

Posting Komentar

 

Copyright 2010 | Belajar Ajaib

Kembali lagi ke atas